Sunday, July 23, 2006

Hari Tanpa TV

Sebuah Yayasan yang berfokus pada perkembangan anak-anak menyebarkan himbauan agar pada hari Minggu tanggal 23 Juli ini, yang bertepatan dengan hari anak nasional, dijadikan sebagai Hari Tanpa TV. Ajakan ini bertujuan agar anak Indonesia menjadi lebih aktif, sehat, dan produktif. Selain karena televisi membuat anak menjadi pasif, masih ditambah lagi dengan acara2 televisi yang ada saat ini kebanyakan tidak mendidik bagi anak-anak.

Mau nggak mengikuti anjuran itu?
Hari tanpa TV? hmmm... nggak masalah buat aku :D Secara aku juga udah jarang nonton tivi ini. Paling yang masih rutin aku tonton itu berita pagi aja. Sinetron?... tidaaaakk!!. Gosip?... wes ewes ewes. Jadi ya tiviku lebih sering mati. Beda ama komputer yang hampir selalu menyala kalo aku lagi di rumah :)

Emang nggak boleh ya anak2 berlama2 nonton tivi?
Anak-anak yang suka berlama-lama di depan tivi sepertinya memang adalah anak yang perlu diarahkan. Karena dia tampaknya tidak tahu apalagi yang bisa ia lakukan untuk mengisi waktu luangnya, selain hanyut berkhayal dalam dunia yang ditawarkan kotak ajaib itu. Padahal acara tivi yang ada sekarang tidak semuanya layak ditonton.

Sementara anak2 yang suka kegiatan fisik dan bersosialisasi, akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan main di luar. Dan anak2 yang kreatif akan menciptakan sendiri kegiatan dan mainan baru.

Lalu, seharusnya gimana?
Ya orang tua yang harus menawarkan kegiatan2 alternatif buat anak2 mereka agar tidak hanya pasif di depan tivi. Jangan malah merasa aman, saat anak2nya tampak tenang duduk manis berlama-lama di depan tivi, tidak membuat keributan. Banyak hal yang masih harus mereka serap dari sekitarnya untuk mereka pelajari.

Jadi, perlu ya gerakan Sehari Tanpa TV ini?
Perlu juga sih, buat ngingetin orang tua agar mau aktif ikut mengembangkan kreativitas anak2nya dengan menawarkan banyak kegiatan lain yang lebih aktif dan produktif.

Lalu, perlukah dikembangkan jadi Hidup Tanpa TV?
Huaah!! ya nggak seekstrem itu lah. TV kan juga punya segi positifnya. Dari situ kita bisa dapat banyak berita kejadian terkini, informasi2 penting, juga pengetahuan2 tambahan. Bahkan TV juga bisa jadi sumber inspirasi untuk mengembangkan kreativitas.

Trus, kalo untuk orang dewasa yang kecanduan nonton tivi terus gimana tuh?
Ah, itu sih terserah mereka :P Entar kalo mereka jadi tambah gendut, dan otak mereka mandek tumpul nggak bisa mikir lagi, kan bakal menyesali diri sendiri... hihihi.. :P Paling juga itu karena mereka kurang pede untuk banyak bersosialisasi, atau kurang kreatif untuk mencari kegiatan yang produktif.

Kalo ada kampanye "Sehari Tanpa Komputer dan Internet" gimana?
Mati deh aku!!.... :))

6 comments:

Anonymous said...

aku dah lama nggak nonton tv. makanya aku nggak mau bayar iuran lagi :D. hanya sebulan terakhir kemarin, krn ada Piala Dunia.

sehari tanpa internet n kompi? nggak masalah sih buat aku. enak malah bisa leyeh2 n baca buku :)

kalo pulkam sebulan penuh bisa tanpa koneksi internet, dan nyaman2 aja. malah rasanya kembali ke suasana yg natural buat aku. mungkin krn aku asalnya dari kampung ya..:P

Anonymous said...

ye sehari harinya juga udah tanpa tivi, secara terisolasi di site begini :D, hari tanpa internet dan komputer, ga ikutan ah

Apey said...

wahh..gila yaa Bpk ini emang prosesornya top !! msh nambah satu blog lagii buat di ruwat...ckckc..*berdecak kagum*.Tinggal nambahin SB-nya yaa :)
Q, ngomongin TV, aku workday kan jadi anak mess yg cuman numpang tidur doang aja. Tontonan TV tiap hari cuman dipenuhi sinetron a la Raam Punjabi..gak bgt buat ditonton pulak! Kecuali Sabtu Minggu, Oprah Show doang yg bisa bikin aku anteng di rumah :)
hari tanpa internet !?!? oh noo..tidakkk !!!!! *nangis darah ngebayangin*

mina said...

dimana ya aku pernah comment tentang ini juga, di Priyadi's Place kayaknya (hot topic banget ya Hari Tanpa TV ini).

tanpa TV gak apa2 (kalo lagi kerja gini). tapi pas masih kuliah kemaren, dan pas lagi tinggal penelitian dan nulis, TV benar-benar berguna (biar bisa begadang).

nah, yang aku tak bisa hidup itu kalo gak ada: listrik, air bersih, komputer (kalo lebih dari 2 hari meninggalkan rumah, laptop kudu dibawa hehe), dan koneksi internet.

Duma said...

tanpa tv? gak apa-apa :D

tanpa computer dan internet? hm, agak berat memang, tapi ternyata bisa kog,

asal.. masih ada yang terakhir nih :

tanpa buku : nah, ini dia yang gak bisa ^.^

Anonymous said...

memang sih.. aku masih menggemari acara seputar infotainment yang rasa2nya gak ada gunanya, tapi susah dilepas :D

tapi selain itu gak nonton acara lainnya :p