Tuesday, October 31, 2006

Jam Biologis

Selesainya bulan puasa, berarti selesai juga satu rutinitas sebulan penuh yang mau tidak mau harus dilakukan. Rutinitas bangun sahur. Buat yang nggak rutin puasa sunnah, bangun sahur adalah kegiatan yang merombak jadwal harian yang biasa dikerjain selama sebelas bulan sebelumnya. Jam tiga pagi harus bangun untuk makan...

Tampaknya aku harus banyak bersyukur, karena ternyata aku punya jam biologis yang cukup fleksible.

Di hari-hari biasa, aku nggak pernah nyalain beker untuk bangunin pagi-pagi. Pas jamnya bangun untuk rutinitas pagi, aku hampir selalu bisa bangun pada waktunya. Habis itu... tidur lagi sampe jamnya berangkat ngantor :D

Dan waktu bulan puasa kemaren, barulah si beker yang lambat sepuluh menit itu mendapat tugas untuk menjerit-jerit di dini hari. Setiap selesai taraweh, aku nyalain alarmnya buat besok pagi.

Tapi tahu nggak.... selama sebulan puasa kemaren, si beker itu baru aku kasih kesempatan untuk menjerit-jerit sekitar tiga atau empat kali. Sebelum dia sempat menjerit, aku sudah matiin alarmnya dengan perasaan penuh kemenangan :D (dendam banget gitu :p). Karena aku hampir selalu sudah terbangun dengan sendirinya sebelum si beker berbunyi. Yang tiga atau empat kali itu karena aku kecapekan atau karena tidurnya telat banget.

Sekarang, balik lagi ke rutinitas biasa, jam biologisku juga otomatis tuh balik lagi ke jadwal bangun pagi jam 4-an. Dan si beker tentu saja tidak aku beri tugas menjerit lagi, biarlah dia hanya bertugas menunjukkan waktu yang lambat sepuluh menit itu...

7 comments:

nl said...

dari sebelum puasa emang sering kebangun di jam 3 an. dan sekarang juga keterusan..

Anonymous said...

jam biologisku tergantung matahari. musim panas krn matahari terbit jam 3-an, ya otomatis sebelum jam segitu udah melek. musim dingin krn terbit jam 7-an...ya otomatis sebelum jam segitu:)

Anonymous said...

jam biologisku dr dulu tetep ga berubah, bangun jam 07.00 pagi...

Iqbal said...

jam biologis gw tergantung kapan bokap atau nyokap gedor pintu kamar gw di pagi hari :-D

unai said...

Jam biologisku...lebih lambat sepuluh menit dari jam biologismu deh mas *ikut ikutan weker

mina said...

jam biologis? apa itu? :D

Anonymous said...

jam biologisku ngga berfungsi :(