Tuesday, May 08, 2007

Waspada

Hari sabtu beberapa minggu yang lalu aku dikejutkan sebuah pengumuman dari masjid dekat rumah. Pengumuman itu bilang kalau di dekat masjid telah terjadi kebakaran, para warga diharap waspada. Aku yang lagi baca sambil tiduran langsung bangun dan menengok ke jendela. Benar saja, ada asap hitam membumbung beberapa gang dari tempatku. Sempet ngeri, gimana kalau apinya merembet terus sampai ke tempatku. Tapi jadi sedikit tenang waktu denger sirine pemadam kebakaran meraung-raung dari banyak penjuru.

Pengen tahu lebih jelas, akupun segera keluar rumah mendekati tempat kejadian. Di jalanan ternyata udah banyak orang yang juga pengen tahu lebih dekat. Ada yang bilang penyebabnya adalah mesin fogging yang meleduk. Begitu nyampe jalan raya, aku lihat sudah berderet mobil pemadam kebakaran. Ada kali sepuluh biji! Kayaknya sih bakal segera teratasi nih.

Lebih dekat ke lokasi kebakaran, mulai terlihat ada tumpukan barang dari orang2 yang rumahnya sangat dekat dengan lokasi yang berusaha menyelamatkan barang2nya kalau sampai terjadi apa-apa. Mereka bilang rumahnya sudah penuh asap. Ada juga ibu2 yang tampak bingung histeris mondar mandir sambil bolak-balik ngomong... "aduuuuh... aduuuuh.... disitu ada temennya anak saya.... gimana nih..." ... eh?

Beberapa saat kemudian asap hitam sudah tidak bergelung-gelung lagi. Asap hitam semakin menipis berganti dengan asap putih, tanda kebakaran sudah teratasi. Akupun jadi lega, dan segera beranjak meninggalkan lokasi. Toh, nggak bisa bantuin apa-apa, petugas pemadam udah tumpek blek gitu.

Sambil jalan aku mengingat2 lagi kejadian itu. Dari tumpukan barang yang diselamatkan terlihat ada kasur, tivi besar, kulkas, gembolan baju, playstation dll. Kalau seandainya itu terjadi dekat sekali dengan tempatku, kira2 apa ya yang bakalan aku selamatkan pertama kali?....

Ijazah? dimana ya aku taruh... oh iya di lemari...
Buku? waaaaah... banyak banget! tinggal aja deh
Pakaian? ..... ini juga bertumpuk2, susah bawanya
Tivi? .... udah rusak, tinggalin aja :p
Kasur? .... :p

Oh iya.... yang harus diselamatkan pertama kali tentunya adalah :

KOMPUTER!!

disitu ada segala macam arsip file baik kerjaan kantor maupun kerjaan pribadi, termasuk juga berbagai macam hasil karya ku dan file2 penting lainnya. Kalo sampai ilang atau hancur, bisa nangis darah tuh.... !!

*segera nyiapin prosedur langkah penyelamatan kalau terjadi musibah* :)

7 comments:

Anonymous said...

2 bulan lalu kalo gak salah, kebakaran di seberang rumah jam 1 pagi. pas bangun, sudah 2 mesin pengisap air para PMK itu standby di halaman rumah, ngisap sungai di sebelah rumah. berkeringat dingin dan pikiran kacau gak jelas. langsung ngangkat 1 tas dokumen, tas laptop, 1 tas tarik yang diisi dengan lemparan baju kaos, baju kerja, undies masing2 3, langsung dibawa minggat ke ujung jalan :D kacau balau pikiran kalo sudah kebakaran, memang.

Anonymous said...

iya ya harus waspada

btw, itu tv rusak mbok ya dibuang, nyesek2i ruangan :P

Anonymous said...

njuk sidone kebakaran tenan ora pak Q?

unai said...

asuransikan ae pak bukumu sing wis nyesakke kamar kuwi, po pindahke neng omahku...aman weis

Anonymous said...

Q, hati hati. Dan yang paling penting klo pergi meninggalkan kost, colokan listrik di cabut, jangan di pasang. Siapa tau bisa korslet, dan kebakaran deh jadinya. Waspadalah .. waspadalah ...

Yayi said...

wah.. jadi mengingatkan waktu rumah tetangga depan kebakaran... asap sampe item2 gitu.. temenku saking paniknya cuma bisa nangis sambil bawa2 bantal... untung aj ga sampe gede kbakarannya. Udah kelar, baru deh pada bisa ketawa inget betapa bodohnya waktu itu: bawa bantal untuk diselamatkan... duuh.. *berdoa jg sampe terulang lagi*

Anonymous said...

mulai saiki biasakan fire drill. usulkan di kantor supaya rutin dilaksanakan ini...