Monday, April 16, 2007

Fortran

Beberapa hari yang lalu aku sempet berberapa kali dikontak sama seorang senior yang udah pensiun dari kantorku yang lama. Beliau memang sering kontak aku kalo ada hal-hal yang pengen dia tahu seputar komputer.

Tapi pertanyaannya kali ini sungguh mengejutkan.
"Q, kamu masih punya program Fortran nggak?"

Hah?? FORTRAN?? Hareee geneee?? :D
Itu kan bahasa pemrograman yang udah jadul jaman jebot jungkat jungkit !

FortranDulu jaman kuliah, program itu yang dipake di mata kuliah "Pemrograman Komputer". Masih di jaman MS-Dos. Sederhana banget, tapi katanya cukup powerfull untuk bikin program perhitungan scientific. Untungnya sih aku nggak ngalamin waktu bikin program Fortran yang masih pake Punch Card :D ... dari cerita kakak yang pernah ngalamin, juga cerita dari bapak senior itu, kayaknya sengsara nian yah? Bikin program harus bolong2in sekian banyak kartu, satu kartu untuk satu line!

Jadi bapak senior, yang udah pensiun tapi masih getol cari-cari kesibukan itu, ceritanya nemu buku tentang perhitungan struktur yang ngasih contoh pemrograman yang spesifik ke satu kasus yang dia perlukan. Dan program itu ditulis dalam bahasa Fortran IV! ... Kayaknya sih itu buku juga terbitnya tahun 70-an :D

Tentu saja aku terus terang kalau nggak pernah lagi pakai Fortran. Waktu skripsi aja aku pakenya Pascal, soalnya Fortran kalo dipakai bikin graphic modelling kurang memadai. Terus ditanya lagi, dimana ya bisa dapetin program itu? Waaa... emang masih ada yah? Nggak tau pak, coba aja tanya ke toko2 software.

Beberapa hari kemudian dia telpon lagi. Dia bilang kalo sudah dijanjikan seseorang yang masih punya programnya. Dan program itu disimpan dalam 6 disket!...
Lengkap dah kejadulan itu. Disimpen di disket jek!

"Nanti kalau programnya sudah saya dapat, kamu bisa bantuin ngetikin programnya kan?"

*gubraks!!*

ps. belakangan baru tahu kalo Fortran ternyata masih eksis sampai sekarang. Ada Fortran 95, Fortran 2003. Bahkan sebentar lagi akan dirilis Fortran 2008 :)

7 comments:

nabil said...

hahahahaha makanya pakde kalo kita kaga tau jangan berprasangka dulu hahahahahahahaha

Anonymous said...

Wuih Fortran.... Untung dulunya gw belajar bahasa assembly. itu lebih jadul nggak yah ? :-D
Nggak nyangka Fortran belum musnah, malah beradaptasi sesuai jaman. Tapi fortran 2008 ? sok kemajuan ah , huahahaha

L U P I N said...

Lho? Mana semboyan "HIDUP JADUL" nya????

pake wordstar, lotus, database, msdos, amiga, dst dst.

:P

L. Pralangga said...

Inget jaman dulu saat masih awal2 kuliah pake Fortran :)

Kayaknya jaman sekarang udah banyak software yang lebih canggihan deh.

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
--------------
PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

maswiet said...

Ha ha ha. Iya, fortran tetap masih disegani sampai sekarang. Simulator gempa paling "canggih" yang ada saat ini diprogram dengan fortran90. Program ini memenangkan Golden Bell Award tahun 2003 untuk kategori best performance hasil test dengan memakai 1944 processor di EarthSimulatornya jepang, dan memerlukan 2.5 TByte memory.

Anonymous said...

sori, buwat informasi aja, fortran masih dipake tuk perhitungan matimatis and test performance dah terbukti, hanya fortran itu di desain bkn utk gui, network , dll.
wat gw fortran masih favorite case tuk hitungan matematis, and interfacenya gw pake c/c++, C#, phyton, ruby atw java..
but i hate and love fortran, and fortran just for math.. but for performance gw gunakan assembler.
Long live fortran..

heru h. day
email:heru.hday@yahoo.co.id

Unknown said...

Fortran ampe karang msh ada kok...buktinya ni gw kuliah pmrogramannya pke fortran. gw jurusan tknik sipil, jadi fortan cocok bgt prhitungannya....

sekrg aja gw lgi bingung gmana caranya buat perkalian matriks di fortran, duh bingung gw....susahnya,,,,ujianni...hu..hu..hu