Saturday, April 07, 2007

Nonton Nagabonar Jadi 2

Nontonnya sih udah hari senen kemaren pas jadwal nomat di 21, tapi baru sempet ditulis sekarang. Nonton bareng-bareng gerombolan 80-an. Nggak tanggung2, 14 orang aja gitu. EMPAT BELAS! :D Norak banget kan, kayak serombongan orang dari kampung. Untung bukan aku yang harus pesen tiketnya .... kekekekek :D. Tapi ya wajarlah, secara anak 80-an emang punya memori khusus dengan film pertamanya. Film "Nagabonar" yang pertama bisa dibilang salah satu icon di 80-an.

Nontonlah kita.

Ketawa..
Ngakak..
Berkaca-kaca..
Ketawa..
Terharu..
Ngakak..
dst..

Sukses! Keraguan banyak orang akan sindrom film sekuel ditepiskan dengan sukses. Film ini berhasil menjadi dirinya sendiri untuk masa 2000-an ini. Tapi sekaligus tetap terhubung secara manis dengan film pendahulunya. Emang pantas menjadi film yang paling dinantikan tahun ini.

Film yang sangat menghibur, kocak banget, tapi sekaligus penuh dengan sentilan kritik sosial yang lumayan nyelekit.

Adegan yang paling kocak menurut aku adalah waktu Nagabonar naik bajaj-nya si Umar lewat bunderan HI dan distop sama polisi Mustakim karena bajaj nggak boleh lewat situ. Nagabonar dengan keraskepala tentu saja mempertanyakan peraturan macam apa yang melarang bajaj lewat itu. Aduh itu ekspresinya si polisi culun banget yak?... apalagi waktu dikasih buku "La Tahzan" sama si Naga :D..

Adegan yang paling menyentuh sekaligus menyentil menurut aku adalah waktu Nagabonar di depan patung Jendral Sudirman yang sedang dalam posisi hormat. Begitu melihat ke jalanan yang penuh mobil, ke arah mana patung Jendral Sudirman memberi hormat, Nagabonar berteriak2 histeris.
"Turunkan tanganmu Jendral!!!.. Turunkan tanganmu!! Tidak semua orang yang ada dihadapanmu itu patut dihormati!!.. Turunkan tanganmuuuu Jendral!!"... Duh

Adegan yang paling konyol sekaligus njijiki adalah munculnya Jaja Miharja jadi bencong bangkotan... pake towel-towel pula! ...huuuueeeksss!! :D Nggak malu apa sama cucunya?

Deddy Mizwar tentu saja berhasil menghidupkan kembali Nagabonar dengan sangat sempurna. Aktingnya tidak usah diragukan lagi. Bikin ngakak di adegan2 konyol, tapi juga bisa bikin berkaca2 di adegan2 yang mengharukan.

Tora Sudiro yang jadi Bonaga, anak Nagabonar, lumayanlah nggak ada cela tapi belum bisa dibandingkan dengan Deddy Mizwar. Wulan Guritno cakep banget, dan aktingnya juga bagus meskipun memang tidak ada eksplorasi emosi. Trio asisten Bonaga, si Zaki doang yang menurut aku bagus, dua lainnya masih datar. Sayangnya trio ini suka dibikinin adegan yang bergantian dengan script yang mirip, jadinya malah nggak lucu.

Beberapa komen dariku:
  • Banyak lelucon yang ngambil dari film pertama. Buat yang belum nonton film pertamanya bakalan bingung ngeliat orang2 pada ketawa.
  • Kok tiba2 Nagabonar jadi fanatik sepakbola ya? dulu sama sekali nggak gitu.
  • Setting waktu antara film pertama dan kedua nggak cocok kalo dihubungkan dengan usia tokohnya. Tokohnya, Nagabonar dan Bonaga kurang tua.
  • Ini film 'main plot'nya kok gitu doang ya? cerita utamanya sepele banget dan nggak berbekas. Kayaknya ini memang film yang menggali karakter tokoh utamanya doang sembari sentil kanan-kiri, cerita utama urusan belakang. Nagabonar pertama lebih berisi ceritanya.
  • Kok buku "La Tahzan" yang sangat bagus itu dijadikan bahan lelucon sih... :(


Jadi pengen nonton lagi :D...

7 comments:

Anonymous said...

Untung bukan aku yang harus pesen tiketnya .... kekekekek :D << Puas ... puas .... secara si mbak penjual tiket cuma mesem ajah ngeliat gw mesen buat 14 orang. Yah, EMPAT BELAS orang. Dan alhasil, tuh tiket bingung gw ngelipatnya ... panjang ajah gitu dan susah di lipat :p.

Dan gw nontonnya juga nggak penuh gara gara harus keluar bioskop untuk ngasih tiket ke teman yang terlambat datang.
Nonton lagi yukkkk

Anonymous said...

14 orang siapa aja tuh? koq ngga dijabarkan?

nabil said...

wahhhhhhh bagus, tapi pak de nonton bareng elvie pasti jadi jelek yah filmnya hehehehehe

nabil said...

nonton bareng??? yukkkkkkkkk

Yayi said...

waah... daku ga ikutan... hiks...

ferina said...

ikutan nimbrung. Pas film selesai, penonton pada tepuk tangan gak? karena pas aku nonton, pada tepuk tangan tuh penonton-nya. Kalo buat gue yang bikin terharu, waktu Nagabonar ngusap2 kepala Bonaga waktu mau tidur. Yang bikin merinding, denger lagu Syukur. Yang kocak, kelakuan bapak-anak yang mirip. Yang menggelikan, Jaja Miharja yang jadi bencong... Jijay bajay sekali...

Unknown said...

gw jg suka banget adegan Nagabonar tereak2 ke Patung Jend Sudirman yg lg hormat itu..terharu banget..