Sunday, April 01, 2007

Si Kokom dan Si Puput

Aku baru saja upgrade komputer. Yattaaaa!! .. thanks to para kompor :p
Kokom, komputerku yang lama, umurnya kalo nggak salah udah 4 tahunan. Buat sebuah komputer umur segitu udah masuk kategori ketinggalan jaman. Spesifikasinya udah ketinggalan jauh dari komputer termutakhir. AMD Athlon 900 Mhz, Memori DDR PC 133 256 MB, Hard Disk IDE 40 GB... nggak patut banget kan buat dipamerin :p

Sebenernya sih si Kokom ini masih bisa berfungsi dengan baik. Cuman kadang2 aja memorinya suka error, dan hard disknya udah mulai kehabisan space. Software2 untuk ngerjain segala macem pekerjaanku masih bisa berjalan dengan lancar. Tapi akhir2 ini software dan game terbaru yang lebih canggih udah menuntut spesifikasi komputer yang lebih tinggi dari si Kokom ini. Jadinya beberapa game yang udah terlanjur beli ternyata nggak bisa diinstall :((

Dan berkat para kompor, akhirnya akupun membeli CPU baru demi memperlancar kerjaan2ku yang membutuhkan bantuan komputer dengan software2 termutakhir. Tentunya juga demi egoku kepuasan punya komputer yang nggak ketinggalan jaman ;) AMD Athlon X2 4600+ Dual Processor, Memori DDR2 PC5300 1GB, Hard Disk SATA2 160 GB. Mantab laaah.... :D

Komputer barupun diboyong ke rumah. Si Puput ini disandingkan dengan si Kokom, karena mereka akan bergantian pake monitor yang sama. Yup monitor nggak aku upgrade, LCD Samsung 15" itu masih sangat layak untuk dipertahankan ;). Si Puput pun siap aku otak-atik untuk disetup dan install windows. Nyalain power, masuk ke setup bios... loh, kok tampilan layarnya kacau? dimatiin, nyalain lagi... loh, kok tambah kacau? .. lepas card vga, cek2 kabelnya, pasang lagi, nyalain lagi.. waduh, malah cuman tampil blok2 putih!.. kacau nih!!!

Demi mendapat kepastian, aku bawa CPU itu ke tempat temen yang punya monitor crt biasa. Siapa tahu errornya karena pake monitor LCD. Salah seorang kompor komentar "emang nggak berat?"... pertanyaan bodoh, ya beratlah!! :p Ternyata memang positif vga cardnya yang error... :( wuah harus ditukerin nih.

Karena belum sempet balik ke penjualnya di Mangga Dua, jadilah aku pinjem dulu vga card lama punya Iqbal. Pasang di si Puput.. dan nyala! beneran vga cardku yang gak bener. Dengan vga card pinjaman, mulailah aku install windows dan segala macamnya. Kesulitan datang lagi, beberapa program penting yang aku butuh buat kerjaan rutin nggak bisa terinstall... hayah, kenapa lagi nih?... dicek-cek kayaknya installer windowsnya yang nggak bener. Besoknya beli installer windows yang baru. Install lagi.. jalan, install program2 laen... jalan!! hore... fuih..

Data2 di harddisk si Kokom belum aku pindahin. Jadi sementara aku masih kerja pake si Kokom dulu. Tapi keanehan lain mulai terjadi. Si Kokom yang selama ini lancar2 saja bekerja, tiba2 jadi sering ngadat!.. Tiba2 mandeg, hang, gak ada respon sama sekali. Dan nggak cuma sekali, berkali-kali!!... wuah! kenapa lagi nih? apa si Kokom ngambek karena merasa diduakan dan akan dibuang? :-p...

Ya sudah, data2 di si Kokom pun segera aku pindahin ke si Puput biar aku bisa kerja full di komputer baru. Good Bye Kokom :p

Masalah ternyata belum selesai. Kemaren Sabtu aku ke Mangdu buat nukerin vga card di toko tempat aku beli. Dan ternyata... tokonya tutup aja gitu :(( ... ditungguin sampe jam 2 siang, tetep aja nggak buka! ...

HUAAAAA!!... Hidup memang penuh cabaran :((

7 comments:

Anonymous said...

viva kokom! hidup puput :D

Yayi said...

haduuh...daku tuh sampe ga bisa bkata2 loh pakde pas tau ternyata tokonya tutup.. ;p *ga tau pgen nangis apa ktawa...*

dan akhirnya kita hanya bisa sms-an ngatur pengiriman karangan bunga itu... :)

tabahkan hatimu yah...

Anonymous said...

gubraks!!!
puput? kokom?

ooohh... you're sweet guy, giving that sweet names for your PC's huh?!
hihihi...

mas mas... masukin aku ke list fans of heroes yak!
e-mailnya virzha.andriani@gmail.com ;p

L. Pralangga said...

heheh.. sabar yah.. cabaran memang datang banyak dari mangdu :D

Gimana hari ini si kokom dah sembuh?

Anonymous said...

hahaha.. balada Q, Kokom dan Puput. Cinta segitiga rupanya. Kokom pasti ngambek berat Mas Q beralih ke yang lebih muda. Ah, cowok dimana-mana emang sama aja!

Iqbal said...

AMD Athlon X2 4600+ Dual Processor, Memori DDR2 PC5300 1GB, Hard Disk SATA2 160 GB. Mantab laaah.... :D << HUH ... puas puas .. pamer di sini ... :p ... btw .. selamat yah punya gebetan baru ...

nabil said...

hahahahahahaha kacau oi. gue pusing oi lit spek komputernya