Friday, November 30, 2007

Album Padi, Tak Hanya Diam

Padi, Tak Hanya DiamAku nggak ngefans sama Padi sejak awal pemunculannya. Pertama keluar albumnya, lalu denger lagunya di tv dan radio, nggak terlalu tertarik. Terlalu nge-rock buat aku. Musiknya terlalu powerfull, keras dan garing. Itu kesan pertama.

Mulai tertarik setelah denger berulang2 lagu "Sesuatu yang Indah" di album kedua. Lagu yang rumit penuh ornamen, tapi kok lama2 enak ya didengerin. Musiknya bener2 indah meskipun rada ngerock. Apalagi di album itu ada lagu fenomenal "Kasih Tak Sampai". Beli deh album itu. Eh.. kok didenger2in lagunya enak-enak ternyata. Mulai deh jatuh hati. Waktu ada promosi cd album 1 dan 2 dibundel jadi satu dengan harga satu cd, langsung aku beli. Dan ya... emang keren2 lagunya. Album ketiga dan keempat langsung aku beli begitu rilis.

Album kelima "Tak Hanya Diam" yang jaraknya 2 tahun dari album sebelumnya, juga langsung aku beli di tanggal rilisnya 16 November kemaren dengan menutup mata nggak pake mikir :D

Ada 10 lagu di album ini, masih kental dengan ciri khas Padi. Termasuk ciri2 bahwa lagu2 Padi itu perlu dicerna dulu beberapa lama, didengerin berulang2, baru deh terasa enaknya. Berikut review sok tahu dari orang yang nggak ngerti musik ;)

1. Sang Penghibur
Kesan pertama, kok gambreng banget ya lagunya? :D ya iyalah, selama beberapa waktu aku dikuasai lagu2 lembut, tiba2 dengerin Padi ya kaget :D Yang ketangkep pertama, beat drum nya Yoyo keren. Khas banget. Juga ornamen gitarnya Piyu. Sound efeknya lumayan menghiasi lagu ini jadi unik. Lalu dengerin liriknya keren juga. Reff nya juga lumayan catchy. Lama2 terasa juga serunya lagu ini. Cuma judulnya kok rada norak ya :D

2. Harmony
Piyu yang nyanyi. Fadli cuma jadi backing. Asik sih lagu sama liriknya. Cuman kok vocalnya Piyu meskipun sama sekali nggak jelek, tapi karakternya nggak sekuat Fadli.
Kayaknya mungkin lagu ini didedikasikan Piyu untuk seseorang, makanya dia yang nyanyi.

3. Belum Terlambat
Dijagokan jadi single kedua setelah Sang Penghibur. Langsung ketangkep irama dan lagunya. Pertama aku mikir kenapa bukan ini single pertamanya, karena lebih mudah dicerna. Tapi setelah didengerin berulang2 emang lebih mantap yang "Sang Penghibur".

4. Rencana Besar
Riang dengan beat yang asik. Apalagi di reff nya yang berbahasa inggris itu. Keren banget. Enak untuk diulang2

5. Terluka
Lagu paling upbeat dan ngerock, tapi pas banget antara musik dan liriknya. Dark, seperti lagu2 di album ketiga. Bercerita tentang bencana yang banyak melanda, dan bagaimana kesiapan kita. Keren.. *sambil headbang* :D

6. Jika Engkau Bersedih
Lagu mellow dengan tambahan iringan biola solo. Kebayang lah gimana Fadli kalo nyanyi lagu mellow, berasa ikut hanyut..

7. Teruslah Bernyanyi
Lagu yang seringkali aku skip di playlist :D terlalu ringan :p

8. Ode
Lagu mellow lagi dengan musik minimalis. Perkusinya keren...
Tentang cinta yang telah berlalu... huhuhuhu... enyak bangeeet..

9. Jangan Datang Malam Ini
Middle beat, nggak terlalu mellow. Beat drumnya Yoyo bikin goyang2, meskipun Fadli rada merengek2 di lagunya :D

10. Aku Bisa Menjadi Kekasih
Ini lagu yang paling asik menurutku. Dibuka dengan intro yang rada2 reggae. Masuk ke lagunya malah jadi gaya ska, dengan tambahan bumbu beat rock disana sini. Keren. Liriknya juga dalem banget.

hmmm...

3 comments:

imgar said...

hihi..diposting juga di sini..
aku tetap suka sang penghibur.. :D

unai said...

aduh..jadi pengen mendengarkan suaramu nan merdu ituh pak

Goiq said...

samaaaa, gw juga kurang sreg judul sang penghibur... hehehehehe....